Suwardjono

Laman Staf Akademik Universitas Gadjah Mada

Pencarian


Teori Akuntansi

Silabus
Bahan ini merupakan silabus-silabus paling akhir yang saya gunakan dalam mengasuh mata kuliah ini dengan buku Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan (BPFE, 2005). Silabus ini dapat dijadikan model atau pembanding untuk menyusun silabus sesuai dengan kondisi kelas. Tentu saja silabus harus selalu dimutakhirkan mengikuti perkembangan terbaru dalam literatur teori akuntansi.

Baca/unduh silabus S1
Baca/unduh silabus S2
Baca/unduh rancangan silabus untuk memenuhi akreditasi AACSB.
Baca/Unduh silabus S1 2013/2014

Ralat Buku Teori Akuntansi
Ini merupakan ralat untuk buku Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelapoan Keuangan, Edisi Ketiga cetakan Kelima dan Keenam.

Baca/unduh ralat

Tayangan PowerPoint
Tayangan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari buku Teori Akuntansi saya. Tayangan ini bebas untuk diunduh atau ditayangkan langsung di kelas dengan menggunakan buku tersebut sebagai acuan. Sekali lagi, tayangan PowerPoint bukan merupakan sumber pengetahuan tetapi semata-mata merupakan pengorganisasi penyajian dan diskusi kelas. Jangan menjadi mahasiswa atau sarjana PowerPoint.

Bab 01
Bab 02
Bab 03
Bab 04
Bab 05
Bab 06
Bab 07
Bab 08
Bab 09
Bab 10
Bab 11
Bab 12
Bab 13
Lampiran 1
Lampiran 2 (Sudah diperluas untuk suatu seminar.)
Lampiran 3

Contoh Soal Ujian
Soal ujian adalah soal ujian yang benar-benar telah saya ujikan di kelas saya. Walaupun dimungkinkan, soal dalam bentuk pilihan multipel tidak digunakan karena ujian Teori Akuntansi harus menggali kemampuan penalaran atau argumen. Dengan demikian, soal harus bersifat esei dengan penekanan pada kemampuan menjelaskan dan berargumen. Karena keterbatasan waktu, soal ujian tidak selalu komprehensif mencakupi seluruh topik yang termuat dalam silabus. Soal-soal didasarkan topik yang dibahas dalam buku Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Dalam banyak hal, soal diambil dari pertanyaan diskusi yang mengikuti tiap bab buku tersebut. Soal ini menuntut pemahaman bukan hafalan sehingga peserta boleh membawa satu lembar cotekan bolak-balik (cheating sheet). Mahasiswa atau pemelajar yang belajar dengan wajar dan baik pasti bisa mengerjakan soal ini dengan hasil baik tetapi mereka yang belajar tidak semestinya tidak akan mampu menjawab soal ujian ini dengan baik bahkan cenderung gagal mengerjakan. Silakan mencoba mengerjakan soal ini untuk menguji kemampuan dan pemahaman anda dalam teori akuntansi.

Contoh ujian sisipan 2001
Contoh ujian sisipan 2012
Contoh ujian final 2005
Contoh ujian final 2012
Contoh Tugas Kasus tentang Aset (Sewaguna)

Contoh Kuis
Mahasiswa saya sering mengeluh karena tiada hari tanpa kuis sebagai bagian dari komponen nilai. Kuis dimaksudkan untuk memberi motivasi eksternal agar mahasiswa membaca topik yang akan dibahas dan didiskusi di kelas. Kuis terdiri atas sepuluh sampai duapuluh pertanyaan dengan waktu lima sampai lima belas menit. Dosen menyiapkan dan membagi kertas jawaban kuis berupa separoh vertikal halaman kertas folio bergaris (kertas dubelfolio dibagi empat vertikal). Kemudian pertanyaan kuis ditayangkan satu demi satu untuk dijawab oleh mahasiswa.

Contoh Kuis untuk Bab 1

Pedoman Mengampu Teori Akuntansi
Kuliah Teori Akuntansi harus dirancang dengan saksama sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam suatu program studi akuntansi. Di Universitas Gadjah Mada, dalam rangka sosialisasi Pembelajaran Berpusat Mahasiswa (Student-Centered Learning), dikenal apa yang disebut Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS). Rencana ini menjadi pegangan pengampu/fasilitator dalam mengorganisasi kelas. Berikut ini adalah RPKPS atau Pedoman Pembelajaran yang saya susun untuk mata kuliah Teori Akuntansi dengan buku Teori Akuntansi (2005) sebagai acuan utamanya.

Baca/unduh Pedoman Pembelajaran/RPKPS
Artikel Berpautan (Artikel 10, GP3AI)
Artikel Berpautan (Makalah: Teori Akuntansi dalam Konteks IFRS)

 
Laman ini dibuat oleh alifaiq menggunakan Joomla.
suwardjono