Kuliah
Hasil Ujian |
Ujian merupakan salah satu alat evaluasi proses belajar. Nilai merupakan konsekuensi logis dari proses belajar. Kalau tiap mahasiswa menjalani proses belajar dengan baik sesuai kontrak pembelajaran, mestinya tidak ada mahasiswa yang gagal dan tiap mahasiswa akan mendapatkan nilai yang memuaskan bahkan dimungkinkan seluruh peserta mendapat nilai A. Lebih dari itu, pengetahuan yang telah dipelajarinya akan menjadi bagian dari pengetahuan yang tidak dapat dilupakan sehingga harga (nilai tukar/tawar) mahasiswa akan naik. Jadi, validitas nilai diukur dengan adanya perubahan perilaku yang nyata. Kalau seseorang dapat mengerjakan soal ujian dengan benar tetapi dia tidak menjalani proses belajar dengan semestinya, dapat dipastikan bahwa soal ujian tersebut mungkin kurang valid sebagai alat evaluasi dan hasil ujian tidak merefleksi perubahan perilaku yang diarah oleh sasaran pembelajaran. Lebih-lebih kalau soal ujian dapat dikerjakan dengan sistem kebut semalam, pasti soal tersebut hanya bermakna cerdas-tangkas atau soal yang dimungkinkan untuk dihafal. Oleh karena itu, soal ujian harus dirancang dengan saksama dan diarahkan untuk mengevaluasi apakah sasaran pembelajaran (learning objectives) tercapai. Jadi, soal harus cukup kaya untuk mencakupi sasaran pembelajaran yang dirancang untuk suatu mata kuliah. Demikian juga, untuk penentuan nilai akhir, ujian hendaknya dibarengi dengan komponen nilai lain seperti tes mendadak (kuis), tugas, praktikum, pekerjaan rumah, partisipasi kelas, tugas akhir, dan kasus bilamana keadaan memungkinkan. Soal ujian dapat berbentuk pengerjaan soal, pilihan multipel (multiple choice), atau tipa yang lain atau kombinasi. Soal akuntansi pengantar dapat dibuat dengan mengambil salah satu format latihan/praktik dalam Akuntansi Pengantar 1 (2002) kemudian men¬gubah data (misalnya tanggal atau jumlah rupiah transaksi) atau menambah/mengurangi transaksi sesuai dengan keperluan. Soal bentuk pilihan multipel kalau disusun secara serius dan saksama dapat dijadikan alat evaluasi yang andal. Dalam beberapa hal, bentuk pilihan multipel lebih ung¬gul daripada bentuk pengerjaan soal yang disusun secara kurang saksama. Soal bentuk pilihan multipel dapat mencakupi materi yang komprehensif sehingga menuntut mahasiswa untuk belajar secara menyeluruh pula. Soal tes kemampuan atau bakat umum (aptitude test) biasanya juga dibuat dalam bentuk pilihan multipel seperti tes TOEFL, GMAT, GRE, TPA, tes masuk pegawai, dan tes masuk perguruan tinggi. Soal ujian sisipan dan akhir mata kuliah Akuntansi Pengantar 1 Semester Gasal (selanjutnya AP1 SM 1) ini merupakan contoh-contoh soal yang dirancang dengan saksama sehingga valid sebagai alat uji. Silakan anda menjawab untuk mengevaluasi pemahaman anda. Kalau anda dosen, ujikan soal tersebut kepada peserta kelas anda untuk mengevaluasi seberapa jauh mata kuliah Akuntansi Pengantar telah dikenalkan kepada dan dipahami dengan baik oleh peserta dan bila perlu dilakukan kilas ulang untuk penyegaran atau pencerahan. Penentuan Nilai Akhir Nilai akhir peserta mata kuliah ini ditentukan dengan memperhatikan berbagai komponen penilaian. Sesuai dengan silabus, komponen nilai adalah ujian sisipan, ujian akhir, kuis, tugas/latihan/projek, dan partisipasi kelas. Berikut ini adalah cara penentuan nilai akhir mahasiswa untuk mata kuliah AP1 SM 1.
Demikianlah komponen nilai dan nilai final mata kuliah AP1 SM 1 ditentukan. Sekali lagi, soal pilihan multipel, meskipun mempunyai keunggulan, mengandung beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan adalah kalau soal tidak dirancang dengan saksama, soal ujian akan menjadi sekadar ujian cerdas-tangkas. Kelemahan lain adalah, proses berpikir dan pemecahan soal tidak terobservasi sehingga soal ini berasumsi bahwa kalau peserta mempunyai pengetahuan konseptual yang memadai dan mampu mengaplikasi pengetahuan tersebut, peserta akan selalu dapat menyelesaikan soal dengan baik dan bukan sekadar menghafal jawaban. Juga merupakan suatu kelemahan adalah peserta sering lebih menekankan muslihat (trik) untuk menjawab soal daripada menekankan penalaran dalam pemecahan soal. |