Suwardjono

Laman Staf Akademik Universitas Gadjah Mada

Pencarian


Akuntansi Pengantar 1

Silabus
Bahan ini merupakan silabus paling akhir yang saya gunakan dalam mengasuh mata kuliah ini di FEB UGM dengan buku Akuntansi Pengantar 1: Proses Penciptaan Data,Pendekatan Sistem (BPFE, 2002).

Baca/unduh silabus Akuntansi Pengantar 1

Pengumuman Kepada Peserta
Peserta  kuliah  perlu mempersiapkan diri sebelum masuk kuliah pertama sehingga kuliah hari pertama tidak menjadi sekadar basa-basi membaca silabus tetapi benar-benar menjadi sarana menyiapkan peserta untuk mengalami proses belajar yang semestinya. Pengumuman harus disampaikan kepada mereka dua atau tiga minggu sebelum kuliah pertama, baik ditempel atau dimuat di internet. Perintah untuk membaca pengumuman dapat disampaikan via pemancaran pesan singkat (sms-broadcast) yang ada di sistem informasi akademik sehingga tidak ada satu pesertapun yang terlewat membaca. Berikut ini adalah contoh pengumuman yang saya sampaikan kepada perserta kuliah saya.

Baca/unduh contoh pengumuman

Persiapan Kuliah
Mahasiswa perlu mengubah pola pikir (mind-set)nya untuk dapat mengikuti kuliah ini dengan baik karena kuliah tidak lagi dilaksanakan dengan model ceramah. Sebelum temu kelas pertama, mahasiswa harus sudah membaca artikel tentang paradigma belajar. Saya biasanya meminta mahasiswa saya untuk membaca artikel tersebut dan membuat komentar (1 lembar) untuk dikumpulkan pada temu kelas pertama dan mendiskusinya. Tujuan diskusi adalah untuk menyamakan harapan atau persepsi tentang makna kuliah antara dosen dan mahasiswa. Oleh karena itu, silabus dan artikel ini harus tersedia/terakses bagi mahasiswa sebelum kuliah hari pertama.

Baca/unduh artikel "Paradigma Belajar …"

Tayangan PowerPoint
Tayangan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari buku Akuntansi Pengantar 1. Tayangan ini bebas untuk diunduh dan digunakan di kelas yang menggunakan buku saya tersebut. Perlu diingat, tayangan PowerPoint bukan merupakan sumber pengetahuan tetapi semata-mata merupakan pengorgasisasi penyajian dan diskusi kelas. Jangan menjadi mahasiswa atau sarjana PowerPoint, artinya ilmunya hanya berasal dan terbatas dari tayangan PowerPoint.

Bahan-bahan di bawah ini dapat dikopi dan diperbanyak semata-mata untuk digunakan dalam belajar-mengajar dengan menggunakan buku Akuntansi Pengantar 1 oleh Suwardjono sebagai buku wajib. Penggunaan di luar ketentuan di atas tunduk pada Undang-Undang Hak Cipta dan etika dalam perlindungan kekayaan intelektual. Tayangan ini diproteksi agar format/tampilan tetap utuh. Klik "Read Only" untuk membukanya.

Bab 01
Bab 02
Bab 03
Bab 04
Bab 05
Bab 06
Bab 07
Bab 08
Bab 09
Bab 10
Bab 11
Bab 12
Bab 13

Kertas Kerja
Berisi sablon (template) Excel untuk mengerjakan soal-soal tertentu dalam buku Akuntansi Pengantar 1. Catatan: Tujuan latihan/tugas ini adalah untuk merasakan pengalaman mengerjakan soal bukan untuk mengumpulkan hasil pekerjaan. Kalau hanya ingin mengumpulkan tugas, kopi saja pekerjaan teman tanpa berpikir dan beri nama sendiri seolah-olah mengerjakan sendiri. Atau, cari di internet jawaban untuk latihan-latihan yang ditugaskan untuk dikumpulkan, lalu cetak dan beri nama lalu kumpulkan. Para bekas murid saya, banyak yang memuat hasil pekerjaannya ke internet. Kalau anda hanya mengkopi jawaban tanpa berpikir dan merasakan belajar, hilanglah pengalaman dan keasyikan belajar yang sesungguhnya dan terjadilah dehumanisasi diri yang luar biasa.

S3-2 Elektronika Popular
S3-3 PT Horison
S3-4 Bank ABC
S3-5 Mahakarta
S4-2 Bonafide
S4-3 Biro Konsultas AHLITEK
S5-1 Cemerlang
S5-2A/B Penjahit Rapijali 1
S5-3 Guest House NYAMAN
S6-1 PT Bioskop MAHARATU
S6-3 PT Kebun Binatang MATARAM
S8-1 PT Mitra Usaha
S8-2 PT Kerinci
S8-3B UD SUKSES 1
S8-3C UD SUKSES 2
S8-4A Firma MINMAN 1
S8-4B Firma MINMAN 2
S9-1 PT NIKOSAE
S9-2 PT SENTOSA
S9-3A PT Maninjau (jurnal khusus)
S9-3B PT Maninjau (buku besar pembantu)
S10-4 PT Kijang
S11-4 Bingkai Ukir Menawan
S12-3 PT Kamilus
S12-4 PT Mogador
S12-6 Onondaga Company
S12-9 PT Akropolis
Bab 6 SUPER EXPRESS (contoh menyusun kertas kerja dengan Excel)

Catatan: Sebelum dicetak, ubahlah margin bawah atau atas dengan menu Page Setup sehingga tidak ada akun atau tabel yang terpotong. Gunakan Print Preview (klik ikon) atau Page Break Preview (dalam menu View) untuk mencek apakah ada halaman atau gambar yang terpotong.

Paket/Praktik Siklus Akuntansi Lengkap
Berisi dua paket praktik akuntansi lengkap mulai dari pencatatan awal sampai penyusunan statemen keuangan. Terdapat dua paket yaitu PT IKLAN ANDALAN untuk jenis perusahaan jasa dan PT JATILUHUR untuk jenis perusahaan perdagangan dengan jurnal khusus. Tiap paket terdiri atas dua versi yaitu versi Lembar Kerja (Excel) dan dan versi Program (komputerisasian). Uraian kasus dan perintah pengerjaan ada di Lampiran 3 buku Akuntansi Pengantar 1. Versi komputerisasian terdiri atas beberapa berkas atau file program yang semuanya harus dikopi ke direktori dasar C (root directory C) untuk menjalankannya. Lihat petunjuk mengerjakan dalam Petunjuk Mengerjakan.

PT IKLAN ANDALAN
Petunjuk Mengerjakan PT IKLAN ANDALAN
Kasus PT IKLAN ANDALAN
Versi Lembar Kerja (Excel):
ANDALAN (buku jurnal, buku besar, daftar saldo)
ANDALANF (kertas kerja)
Versi Komputerisasian

PT JATILUHUR
Petunjuk Mengerjakan PT JATILUHUR
Versi Lembar Kerja (Excel):
JLUHUR1 (buku jurnal khusus)
JLUHUR2 (buku besar umum dan pembantu, daftar saldo)
Versi Komputerisasian

Contoh Soal Ujian
Soal ujian adalah soal ujian yang benar-benar telah saya ujikan di kelas saya. Semua soal ujian Akuntansi Pengantar yang saya asuh (baik sisipan maupun akhir) berbentuk pilihan multipel tetapi bukan cerdas tangkas. Mahasiswa atau pemelajar yang belajar dengan wajar dan baik pasti bisa mengerjakan soal ini dengan baik tetapi mereka yang belajar tidak semestinya tidak akan mampu menjawab soal ujian ini dengan baik bahkan cenderung gagal mengerjakan. Silakan mencoba mengerjakan soal ini untuk menguji kemampuan anda sebenarnya dalam akuntansi di tingkat pengantar.

Contoh ujian sisipan 1
Ujian Tengah Semsester 30 Oktober 2012
Contoh pengumuman hasil ujian sisipan 2
Contoh ujian final
Lembar jawaban (cetaklah ini untuk mengerjakan soal sesuai perintah)
Ujian Akhir Semester 8 Januari 2013
Ujian Akhir Semseter 8 Januari 2013 (Lampiran 1)
Ujian Akhir Semseter 8 Januari 2013 (Formulir 1)
Nilai dan cara penilaian AP1 SM1 2012/2013

Kuis
Mahasiswa saya sering mengeluh karena tiada hari tanpa kuis sebagai bagian dari komponen nilai. Kuis dimaksudkan untuk memberi motivasi eksternal agar mahasiswa membaca topik yang akan dibahas dan didiskusi di kelas. Kuis terdiri atas sepuluh sampai duapuluh pertanyaan dengan waktu lima sampai lima belas menit. Dosen menyiapkan dan membagi kertas jawaban kuis berupa separoh vertikal halaman kertas folio bergaris (kertas dubelfolio dibagi empat vertikal). Kemudian pertanyaan kuis ditayangkan satu demi satu untuk dijawab oleh mahasiswa.

Contoh kuis Akuntansi Pengantar 1

Alasan Penulisan Buku Akuntansi Pengantar 1
Buku Akuntansi Pengantar 1 disusun dengan pertimbangan saksama atas dasar pengamatan dan pengalaman mengasuh mata kuliah ini. Saya menyimpulkan bahwa akuntansi sering dianggap sulit karena pengenalan akuntansi tidak dilakukan dengan penalaran yang runtut dan masuk akal. Saya berusaha menjelaskan akuntansi dengan pendekatan sistem. Argumen yang melandasi pendekatan sistem saya tuangkan dalam artikel-artikel di bawah ini.

Memahamkan Pengetahuan Akuntansi di Tingkat Pengantar
Memahamkan Akuntansi Dengan Penalaran dan Pendekatan Sistem
Lampiran: Program Belajar dengan Akuntansi Pengantar 1
Artikel yang berpautan (Artikel 07, GP3AI)

 
Laman ini dibuat oleh alifaiq menggunakan Joomla.
suwardjono